Hoeness Sebut Ada Upaya Jegal Ribery Raih Ballon d'Or


Munich – Franck Ribery menjadi salah satu kandidat Ballon d’Or 2013. Meski punya trofi juara paling banyak dibanding pesaing lainnya, presiden Bayern Munich, Uli Hoeness, justru pesimistis Ribery bisa menang.

Ribery menjadi salah satu kandidat peraih Ballon d’Or 2013. Pesepakbola berusia 30 tahun itu tampil cemerlang dengan membawa Munich meraih treble winners; memenangkan trofi Liga Champions, Bundesliga, dan Piala Jerman. Sederet sukses itu pun membuat dia berhasil meraih gelar bergengsi Pemain Terbaik di Eropa 2012/2013.

Bayern melengkapi catatan apik itu sebagai klub terbaik di dunia. Tim besutan Pep Guardiola itu menjadi juara dunia antarklub 2013. Di tataran timnas, Ribery juga membuat timnas Prancis akhirnya lolos Piala Dunia lewat playoff dan unggul agregat 3-2 atas Ukraina.

Untuk perebutan Ballon d’Or, Ribery bersaing dengan bomber Barcelona Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid). Pengumuman pemain terbaik bakal digulirkan di Zurich, Swiss Selasa (14/1/2014) pukul 00.00 WIB.

“Intinya, saya berpendapat jika Franck lebih dari pantas menerima. Saya, bagaimanapun, yakin ada beberapa orang beraksi agar dia tak memenangkan itu. Ada satu atau dua orang yang tak menginginkan Bayern memenangkan segalanya,” kata Hoeness kepada ESPN.

“Intinya, diulurnya deadline menjadi bukti kalau Franck tak akan memenangkannya,” kata dia menambahkan.

Ballon d’Or edisi 2013 ini memang disebut-sebut sebagai salah satu yang paling kontroversial. Sebabnya adalah keputusan FIFA memundurkan tenggat waktu voting dari 15 November menjadi 29 November.

Presiden FIFA Sepp Blatter juga terang-terangan memberikan pujian kepada Messi. Kemudian dia mengritik penampilan Cristiano Ronaldo.

(fem/roz)